Kamis, April 19, 2012
Peran Universitas gunadarma Dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya
Peran
UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI
Budaya
Nama :Darli
Agustia
Kelas :1ka36
Npm :11111746
Mata Kuliah : Ilmu
Budaya Dasar
Dosen : Muhammad
Burhan Amin
Topik Makalah
Peran UNIVERSITAS
GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI
Budaya
Kelas : 1-KA36
Tanggal
Penyerahan Makalah : 18 April 2012
Tanggal Upload
Makalah : 19 April 2012
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan
dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari
tim / pihak lain.
Apabila
terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100
untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama
Lengkap
|
Tanda
Tangan
|
11111746
|
Darli Agustia
|
|
Program Sarjana Sistem Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam , Saya ucapkan pada Allah Yang
Maha Pengasih lagi Pemurah, karena makalah ini dapat disusun sesuai harapan dan
tepat pada waktunya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi
Muhammad SAW karena melalui beliau , Kita semua tersinari cahaya keimanan yang
penuh dengaan nikmat.
Rasa terima kasih saya ucapkan kepada :
- Dosen IBD Bapak Muhammad Burhan Amien yang selalu memberikan ilmunya dan memberikan bimbingan kepada Kami semua
- Rekan – rekan di kelas 1KA36 yang bersedia memberikan saran dan bantuan.
- Dan semua pihak yang bersedia memberikan bantuan dan motivasi dalam mengerjakan Makalah ini.
Makalah ini membahas tentang “Peran UNIVERSITAS GUNADARMA
DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI Budaya “, Makalah ini
berhubungan dengan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar . Penyusun menyadari betul
dalam menulis makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu Saran dan
kritik yang membangun sangat Saya harapkan.
Penyusun berharap , semoga makalah ini bermanfaat bagi sumbangsih
ilmu pengetahuan dan mampu memberikan penjelasan tentang Peran kebudayaan dalam
membentuk kepribadian . Tentunya , semoga makalah ini bermanfaat dalam
mempelajari ilmu budaya dasar dan mendapat nilai sesuai harapan.
Demikian makalah ini Saya buat, selamat membaca dan semoga
bermanfaat.
Amien.
DAFTAR ISI
Cover ...................................................................................................................1
Pernyataan............................................................................................................2
Kata pengantar......................................................................................................3
Daftar isi................................................................................................................4
Bab I Pendahuluan
- Latar belakang...........................................................................................5
- Tujuan........................................................................................................6
- Sasaran.......................................................................................................6
Bab II Permasalahan
- Kekuatan (strenght).....................................................................................7
- Kelemahan (weakness)................................................................................8
- Peluang (oppurtunity)..................................................................................8
- Tantangan/Hambatan (threats)....................................................................9
Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi
- Kesimpulan .................................................................................................10
- Rekomendasi................................................................................................10
Referensi
.................................................................................................................10
BAB 1 PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Arus
globalisasi yang seiring dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK), telah mengubah wajah dunia saat ini. Akibatnya bukan hanya jarak yang
terasa dekat, tapi juga sekat-sekat antar kebudyan dan peradaban semakin tipis.
Dari
perkembangan tersebut, interaksi antar kebudayaan semakin intensif. Namun
persoalannya, terjadi hegemoni terhadap satu kebudayaan terhadap kebudayaan
lainnya. Demikian, terjadi pengikisan terhadap budaya tradisional (folk
culture). Parahnya, masyarakat kita mengalami “culture shock” dimana terjadi
kekacauan budaya dari konfrontasi antar budaya.
Pendidikan
untuk memanusiakan manusia secara filosofis dan mencerdaskan kehidupan bangsa
secara normatif. Sebagai sebuah prose, tentu tidak dilihat dalam waktu singkat.
Pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi sebuah bangsa. Berhasil
tidaknya proses pendidikan akan mempengaruhi martabat bangsa dimata bangsa
lainnya.
Karena itu
penulis mencoba untuk membahas “Peran
Universitas Gunadarma dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya”. Universitas
sebagai lembaga pendidikan tak bisa di pisahkan dengan mahasiswa. Dimana
mahasiswa memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pelestarian seni dan
budaya daerah.
- Tujuan
·
Untuk memenuhi tugas ilmu budaya dasar
·
Untuk menanamkan rasa cinta tanah air
·
Menghargai niai budaya yang sudah ada serta mempertanggung jawabkan
·
Menambah wawasan dan informasi penulis maupun pembaca
·
Mengamalkan pola budaya yang dianut pada kehidupan sehari-hari.
- Sasaran
Penulis ini di
tunjukan kepada umum khususnya mahasiswa/i univeritas gunadarma untuk
bersama-sama memperkenalkan dan melestarikan budaya bangsa ini . dengan
berbagai macam cara dan media yang digunakan .
BAB II PERMASALAHAN
Analisis permasalahan Peran Universitas Gunadarma Dalam Pelastarian
Nilai-Nilai Budaya dengan
memperhatikan dan mempertimbangkan
kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
1.
Kekuatan (Strenght)
- Usaha sadar untuk mengembangkan dan kemampuan peserta didik oleh Universitas Gunadarma, berupa pengajaran mata kuliah soft skill ilmu budaya dan sosial.
- Tujuan dari pada Universitas Gunadarma sesuai dengan tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan terampilan.
- Dalam menyelenggarakan pendidikan Universitas Gunadarma memiliki tenaga pengajar dan pendidik berkompetensi. Tenaga pengajar sangat penting peranannya disamping ada juga untuk pendukung seperti sarana, kesejahteraan, kurikulum dan sistem penilaian.
- Pemikiran mahasiswa / mahasiswi yang semakin kreatif dan kritis .
2.
Kelemahan (Weakness)
- Tidak ada pembentukan dan pemanfaatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun seminar yang berkaitan dengan budaya daerah oleh Universitas Gunadarma.
- Seringkali ada jurang pemisah antara generasi tua dan muda, terutama dalam hal pendapat, dosen sebagai penjembatan jurang pemisah dengan membebaskan keterkaitan murid pada masa ini dan mampu memandang jauh kedepan.
- Tidak adanya jurusan yang bisa membantu pelestarian budaya daerah.
- Lifestyle asing yang semakin berkembang di pergaulan remaja .
3.
Kesempatan (Oppurtunity)
a.
Otonomi Perguruan Tinggi, tidak lagi tergantung
pada pemerintah pusat, Perguruan Tinggi mampu menunjukan arah kemana peran
budaya daerah dalam memajukan pendidikan sekaligus melestarikan budaya
tersebut.
b.
Indonesia dipandang dunia Internasional karena
keanekaragaman budayanya. Apabila budaya lokal dapat dijaga dengan baik,
Indonesia akan di pandang sebagai negara yang dapat mempertahankan identitasnya
di mata Internasional. Sehingga banyak bangsa asing yang belajar kebudayaan
kita dengan menuntut ilmu di lembaga pendidikan negara Indonesia.
c.
Mulai maraknya
pemberian beasiswa dengan sistem pertukaran pelajar.
d.
Pengoptimalisasian
sarana dan prasarana , dengan mengoptimalisasikan sarana dan prasarana yang
tersedia maka akan sangat mudah untuk melestarikannya dan menerapkan
nilai-nilainya .
4.
Tantangan/Hambatan (Threats)
- Kurang perhatiaannya Universitas Gunadarma terhadap budaya yang ada sehingga ketika budaya asing masuk melalui peserta didik.
- Semakin pudarnya nilai-nilai solidaritas sosial, keramahtamahan sosial dan rasa cinta tanah air yang pernah dianggap sebagai kekuatan pemersatu dan ciri khas bangsa Indonesia serta semakin menguatnya nilai-nilai materialisme.
- Kesadaran mahasiswa untuk menjaga budaya lokal sekarang ini terbilang rendah. Mahasiswat cenderung lebih memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan jaman. Padahal budaya lokal juga dapat disesuaikan dengan perkembangan jaman, tetepi tidak meninggalkan ciri khas dari budaya itu sendiri.
- Kurangnya pengoptimalisasiannya penggunaan teknologi oleh mahasiswa.
BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
- Kesimpulan
- Adanya tempat untuk menampung kreativitas dan aspirasi dari mahasiswa
- Dengan adanya kemajuan teknologi semakin mudah untuk memperkenalkan kebudayaan ke dunia yang lebih luas lagi
- Adanya matakuliah yang dapat memberika pengenalan nilai-nilai kebudayaan.
- Rekomendasi
- Kreatif dan kritis ,saat ini banyak generasi muda yang membuka pemikirannya dan lebih menonjolkan kreativitasnya di berbagai bidang termasuk kebudayaan.
- Lifestyle , karena gaya hidup / lifestyle asing yang sudah seperti mendarah daging di negara ini sangat sulit untuk dirubah .
- Beasiswa dengan pertukaran pelajar Ini dapat membuka jalan bagi budaya yang akan dibawa oleh mahasiswa ke negara yang dituju untuk menuntut ilmu.
- Kurangnya penggunaan teknologi , banyak ahasiswa yang bisa menggunakan teknologi akan tetapi kurang mengoptimalisasikannya untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan.
Referensi
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →
Related Posts:
ILMU BUDAYA DASAR
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: